.

.

Folks Like Us: Online Course for Beginner Fiction Writer


Lewat buku-buku saya, kalian bertemu banyak tokoh dengan karakter yang berbeda-beda. Banyak di antara kalian yang merasa memiliki ikatan dengan tokoh-tokoh saya. Saya senang mengetahui tokoh-tokoh saya berhasil menggapai kalian, senang mendapati bahwa apa yang saya tulis bisa menyentuh kehidupan orang lain dan—semoga—memberi kebaikan.

Banyak juga di antara kalian yang bertanya, “Bagaimana cara menciptakan tokoh-tokoh seperti itu?” Saya pernah menceritakannya secara singkat di blog dan lewat sejumlah wawancara. Tetapi, selama ini saya belum memiliki kesempatan untuk memberi tahu seperti apa sebenarnya saya mengembangkan tokoh.

Saya senang sekali akhirnya bisa mengadakan kelas menulis online Folks Like Us yang membahas secara detail proses pengembangan tokoh. Saya tidak sabar membagi pengetahuan dan pengalaman saya mengenai hal ini kepada kalian. Jika saya bisa, kalian juga bisa. Kalian hanya perlu tahu caranya. Oh, dan belajar!

*


Kapan kelas ini dimulai dan berapa lama?

Kelas ini akan dimulai pada 29 April 2019 dan akan berlangsung selama empat pekan. Pendaftaran dimulai pada 18 April 2019 dan ditutup pada 28 April 2019.

*

Apa yang saya berikan lewat kelas menulis online Folks Like Us?

Kelas ini terdiri dari empat sesi. Di setiap sesi, saya akan memberikan modul yang membahas hal tertentu sehubungan dengan pengembangan tokoh. Di dalamnya, akan ada contoh detail cara saya melakukannya. Saya juga akan memberikan sejumlah tugas untuk kalian. Tugas-tugas yang—di setiap akhir sesi—akan kalian tunjukkan hasilnya kepada saya. Lalu, kita akan membahas tugas itu secara privat. Jadi, kalian bisa mendapatkan waktu belajar yang berkualitas bersama saya.

*

Kurikulum kelas

Session 1:
Introduction
Observing
  • Obrseving Individual
  • Observing Individuals in Crowd
  • Interesting Individuals

Assignment


Session 2:
Getting To Know Your Character (Part 1)
  • Physical Appereance
  • Gesture and Facial Expression
  • Wardrobe

Assignment


Session 3:
Getting To Know Your Character (Part 2)
  • Large Possessions
  • Small Possessions

Assignment


Session 4:
Getting To Know Your Character (Part 3)
  • Interests
  • Personality
  • Life History

Assignment


Extra Session (untuk yang menyelesaikan semua tugas):
Rendering Your Character
Prompts

*

Bagaimana kelas ini akan berlangsung?

Setiap Senin, mulai dari 29 April 2019, saya akan mengirimkan satu modul kepada kalian lewat surel (jadi, pastikan kalian menuliskan alamat surel secara benar saat mendaftar). Kalian memiliki waktu untuk mengerjakan dan mengirimkan tugas sampai Sabtu pada pekan yang sama. Selain mengerjakan tugas, kalian bisa mengajukan pertanyaan-pertanyaan yang berhubungan dengan isi modul.

Kalian boleh mengerjakan tugas dengan menggunakan komputer, tablet, atau cara tradisional—pensil dan kertas. Jika kalian menggunakan pensil dan kertas, pastikan kalian memindai atau memotretnya secara jelas untuk diperlihatkan kepada saya.

Tugas yang dikirimkan kepada saya dalam format .docx, .pdf, atau .jpg.

*

Jika kalian ingin menjadi penulis yang mahir atau kalian ingin meningkatkan keterampilan kalian dalam mengembangkan tokoh novel, kalian bisa mengikuti program ini. Jangan melewatkannya karena saya tidak tahu apakah akan membuat kelas seperti ini lagi pada masa mendatang. Sampai bertemu di kelas Folks Like Us!

4 comments:

  1. daftarnya lewat mana dan berapa biayanya mbak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pendaftaran lewat surel. Cara dan biayanya akan diinfokan tanggal 18 April di blog ini dan IG @beingfaye.

      Delete
  2. Ya Allah kelewat, semoga kapan-kapan dibuka lagi ya Mba Win
    pengen belajar lebih dalam lagi. Terima kasih

    ReplyDelete
  3. Apa kabar, Mbak? Masih hidup blog-nya... :)

    ReplyDelete